Kedai 1001 Mimpi

Judul : Kedai 1001 Mimpi – Kisah nyata seorang Penulis yang menjadi TKI
Penulis : Valiant Budi
Editor : Alit Tisna
Sampul : J. Fernando
Penerbit : Gagas Media, Jakarta . Cet. I Agustus 2011. xii + 444 hlm.

444 halaman yang isinya mengocok perut terlibas dalam sehari. Nanggung rasanya untuk berhenti. Buku kocak yang penuh pelajaran berbaur menjadi satu dalam secangkir kopi. Dan buku pertama yang saya baca yang membuatku gak menutup mata, bukan karena terlalu konsentrasi namun ingin mengetahui kelucuan apa lagi yang akan terjadi dengan dunia vibi di tanah arab.

Cukup aneh namun masih dalam dunia nyata tentunya, seorang penulis yang barangkali sudah berada dalam status mapan terbang ke Timur tengah sebagai TKI, mungkin pula karena ia bercita-cita jalan-jalan ke tanah Arab atau ingin membuat penelitian kecil-kecilan bin sadis bikin nangis akhirnya. Hehehe…
Biasaa… mari kita bahas sampulnya dulu.
Tapiii ini pengecualian saya , lantaran tidak sabar lagi untuk melihat dunia aneh dalam kenyataan setelah membaca dibelakang buku. Mari membaca buku karya Vailayan,Vilaian,Vilan eh salah tapi Valiant Budi yang sering disebut orang Pilipino. Hidup Indunisi.
Mas Vibi terbang ke tanah arab dengan pekerjaan sebagai PSK.
Peracik Kopi Susu, demiki mas Vibi menyebutnya. Jarang ia disebut sebagai Orang Indonesia namun sebagai Filipini. Hmm… mungkin disana Filipina banyak atau barangkali wajah kita teramat mirip dengan mereka. Selama menjadi PSK di tanah Arab mas Vibi ternyata memiliki penggemar, saking digemarinya sering dikejar oleh bapak-bapak berbulu. Wow… ingin ngakak silahkan baca..
Hidup Mas Vibi benar-benar 1001 cerita, mulai dari yang baik,jelek,hancur,bobrok,kotor, eh kok gak baik semua yah ??? tapi memang demikian adanya dalam buku ini yang diracik sendiri oleh mas Vibi dengan tangannya cekatan. Jika mendengar kata TKI, ialah sang Pahlawan Devisa. Demikian adanya yang sering kita dengar atau sengaja diperdengarkan sehingga semakin banyak dari kita menjadi TKI lantas bergelar pahlawan. Jadi wajar kan seorang pahlawan berkorban demi negaranya, bahkan ketiwa nyawa tak lagi bertubuh. Wow…sangar…semoga tidak adanya.
Satu catatan penting, sebelum membaca buku ini. Harus bisa membedakan Tradisi Arab dan Ajaran islam itu sendiri. Berhubung tanah arab begitu kental dengan nuansa Islam. Hingga apa saja yang terjadi disana sering disebut sebagai sebahagian dari Islam, walau tidak semuanya. Jadi jangan keburu emosi jika membaca buku ini. Islam itu indah kok, namun yang namanya manusia rusak akan selalu ada berbarengan dengan manusia baik. Yang gak indah itu yang merusaknya dan yang buang hajat disembarang tempat.
Dan hampir lupa soal covernya lantaran asyiknya bercengkerama dengan buku nuansa cokelat ini. Sampul buku ini mirip buku traveling dengan banyaknya foto-foto objek wisata, walau mungkin saja termasuk buku traveling juga yah ???.. secara keseluruhan kerenlah.gak banyak komen juga. Selain penempatan kalimat “Kisah nyata seorang ….” yang saya rasa penempatannya jadi menganggu .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s